Modifikasi Honda CS1 bore up 150cc

Artikel Oprek Oto Plus mengenai modif motor Honda CS1 yang sukses di bore up 150cc ini saya muat juga sebelumnya di blog racingtechnology.blogspot.com

Langsung saja… Sebenarnya yang dilakukan cukup mudah dan simpel, Bore up 150cc Honda CS1 Saya mulai dengan mengganti piston standar CS1 yg berukuran 58mm diganti dengan piston honda Tiger yang berukuran 63,5mm.

Kalo dihitung, V = phi / 4 x (6,35)kuadrat x (4,72).
Maka ketemu Volume yang baru adalah 149,4cc

Wow… Mirip suzuki satria… Hahahhhaaa

Askruk masih standar, juga connecting rod masih standar.  Perubahan ada saat mengawinkan conrod standar yg memiliki pen piston diameter 13mm dengan pen piston tiger yg berlingkar 15mm.  Alhasil, system shock pen piston dilakukan dengan bahan menggunakan standar pen piston tiger yang kemudian di shock dengan pen piston cs1 13mm. Sippp! Hasil memuaskan lalu lanjut…

Silinder block dilakukan penggantian boring, menggunakan boring Honda Tiger dengan spesial design by HKU Racing yang dibenamkan piston Tiger dengan suksesnya.  Oya, crankcase tengah tidak mengalami perubahan, karena diameter tengah sudah besar.  Namun ada yg harus diwaspadai adalah ketinggian piston Tiger lebih tinggi 6mm dibanding piston CS1.

Bisa saja sih silinder block di tambah packing aluminium 6mm. Tapi saya ingin packing setipis mungkin agar rantai mesin tidak perlu disambung sehingga masih memakai rantai mesin standard-nya.  Alhasil, piston di redesign kemudian paking menggunakan aluminium 1mm saja.

Setelah set TOP piston selesai, saatnya beralih ke silinder head.  Kubah dan squish area tidak dirubah, ‘kan piston nya di redesign

Packing head pesan khusus dengan tebal 1mm, agar tidak terjadi kebocoran air radiator.  Karena motor sudah datang dengan CDI racing yg terpasang, maka sektor pegas katub harus dibenahi.  Pegas katub diganjal ring tembaga 1mm, agar frekuensi floating pegas sedikit beranjak naek.  Hasilnya gejala klep bersenggolan dengan piston tak terjadi..
Porting in – ex masih standar.. Belum dijamah mata bore tune… Virgin euy

Lanjut ke karburator… Dipakai karbu keihin SP28mm milik NSR, dengan spuyer slowjet 45 dan mainjet 130. Putaran air screw 1,5putaran keluar.  Filter di lepas, biar sedotan udara tidak terhambat dan lari motor bisa cepaaattt!!!

Mesin dah oke… Tenaga pun melonjak… Sekarang beralih ke system transfer tenaga yaitu kopling.
Kanvas kopling langsung kita ganti dengan merek BRT, yah lumayan harga murah, kualitas baik.  Gak lupa pegas kopling jg diganti merek hkuracing…  (kombinasi yg tepat kan!)

Pelumas menggunakan enoc api service SL dengan viscositas 20w50
Setelah dicoba, rasanya nya nikmat, tapi sayangnya gear belakang terlalu pendek track nya… Akhirnya diganti dengan gear mata 40 (Standar-nya 42)

Woowww… Tenaga oke akselerasi mantafff !!!

CS1 150cc by hku racing surabaya

Popularity: 49% [?]

Share |

Tags: bore up 150cc, honda cs1, Modifikasi Honda CS1
Posted 21 Mar 2010 in Modifikasi
by hkuracing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: